Tinjau Lokasi Banjir Duri Kosambi, Anies Diteriaki

shares

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi warga korban banjir di Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. Warga menyampaikan kebutuhan bantuan makanan.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (2/1/2020), Anies mengunjungi Masjid Hasyim Asy'ari yang menjadi salah satu lokasi pengungsian. Anies ditemani Sekda Saefullah, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi, dan Ketua Fraksi PAN DPRD DKI Lukmanul Hakim.

Akses menuju lokasi tergenang se-lutut hingga sepinggul orang dewasa. Beberapa warga memilih menggunakan rakit untuk keluar masuk permukiman dan Rusunawa Pesakih.


Tanpa perahu, Anies menerjang banjir. Dia sempat menyapa warga yang terdampak.

Saat kunjungan itu, salah seorang warga berteriak kepada Anies. Dia menyampaikan perlu bantuan makanan untuk korban banjir.

"Kami butuh makan, banyak yang kelaparan," teriak pria tersebut kepada Anies.

Dia berteriak tanpa mendekati Anies. Suaranya yang keras didengar oleh Anies.

"Iya benar. Benar," ucap Anies menjawab teriakan tersebut.

Kepada wartawan, Anies mengakui ada masalah distribusi makanan di lokasi. Masalah tersebut akan segera diatasi.

"Saya lakukan inspeksi di sekitar Masjid Hasyim Asyari. Ini bagian dua kelurahan, Semanan, dan Kosambi. Di sini ada banyak warga terdampak dan mayoritas belum dapat bantuan. Karena itu, mereka kebanyakan membutuhkan makanan, minuman, dan sekarang dalam perjalanan ke sini," ucap Anies.

Anies meminta Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi, untuk memastikan masalah makanan segera terselesaikan. Sehingga kebutuhan pengungsi bisa diatasi.

"Pasokan makanan, itu yang datang terlambat, saya bicara dengan Pak Wali Jakarta Barat untuk segera percepat," kata Anies.